KASIH SAYANG MENJADI SEBAB DATANGNYA RAHMAT

Rasulullah Saw bersabda, “Sesungguhnya Allah Swt akan mengazab orang-orang yang menyiksa orang lain ketika di dunia.” (HR. Musnad  Ahmad)

Berbuat kasih sayang kepada semua makhluk yang ada di bumi merupakan salah satu sebab turunnya rahmat Allah Swt. Rasulullah Saw bersabda, Allah Swt akan memberikan rahmat kepada orang-orang yang berbuat kasih sayang kepada semua makhluk di bumi. Berbuat kasih sayanglah kalian, maka Allah Swt Yang memberikan rahmat kepada semua yang ada di langit pun akan memberikan rahmat-Nya kepada kalian.”

Allah Swt berfirman kepada Nabi Musa As, “Wahai Musa, salah satu dari hamba-Ku telah meninggal dunia. Uruslah jenazahnya, kafakanlah dan kuburkanlah dia.”

Kemudain Nabi Musa As datang kepada kaumnya. Beliau melihat keramaian orang-orang, dan bertanya kepada mereka, “Apakah di antara kalian ada seorang zuhud yang sudah meninggal barusan?

Mereka menjawab, “Tidak ada orang zuhud yang meninggal di antara kami.”

Nabi Musa As kembali bertanya, “Baiklah, apakah tidak ada yang meninggal di antara kalian barusan?”.

Mereka menjawab, “Di tempat kami ada seorang yang suka berbuat dosa telah meninggal. Karena kami menganggap kami tidak perlu mengurusnya dengan agama kami, maka kami melemparnya ke dalam sumur.”

Nabi Musa As berkata, “Beritahu kepada saya dimana tempatnya, dan kalian ikut dengan saya serta bantu saya untuk mengeluarkan jenazah itu dari sumur.” Kemudian mereka pun menolong Nabi Musa As. Nabi Musa As mengelurakannya dari sumur, memandikannya, mengkafani, dan menguburkannya. Kemudian Nabi Musa As memohon kepada Allah Swt,

“Yaa Rabbi, Engkau berkata, “Orang-orang mukmin adalah syuhada-Nya Allah Swt.” Dan Engkau juga berkata “Dia termasuk dari orang-orang yang Aku cintai.” Tapi bagaimana bisa hamba-hamba-Mu yang lain mengatakan kepadanya bahwa dia adalah orang yang suka berbuat dosa?”.

“Hamba-hamba-Ku tidak akan mengetahui apa yang Aku ketahui dari dosa-dosanya walupun hanya sepersepuluhnya. Akan tetapi, dikarenakan ada satu amal yang dia kerjakan Aku ridho kepadanya dan Aku mengampuni dosa-dosanya.”

“Yaa Rabbi, amal apa yang menyebabkan diampuni dosanya?”.

“Ketika dia sedang berjalan dia melihat seekor anjing yang menjulurkan lidahnya karena kehausan. Kemudian dia pergi ke sebuah sumur akan tetapi tidak menemukan tali dan ember. Kemudian dia mengambil selampenya dan membasahi ujungnya kemudian memerasnya ke anjing tersebut sehingga anjing itu bisa minum. Karena kebaikan dia ini kepada seekor anjing Aku mengampuninya, dan mengampuni semua dosa-dosanya, Aku jadikan dia termasuk dari orang-orang yang Aku cintai, dan dengan kebaikan-Ku Aku memperlakukannya dengan baik.”

Hamba yang berdosa ini bisa mendapatkan ampunan dari Allah Swt disebabkan karena berbuat kasih sayang kepada makhluk hidup. Lalu bagaimana keadaan orang yang melakukan kasih sayang kepada manusia lain, yang merupakan makhluk paling mulia dari pada yang lain.

About Abdul Jalil

Diamku الله Gerakku مُحَمَّد. Wong Lamongan, S1 di Psikologi UGM. I'm free man & traveler all id: abilngaji
This entry was posted in Ngaji. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published.