BERSYUKURLAH PADA AYAH DAN IBUMU

Rasulullah Saw bersabda, “Sadaqah yang paling bermanfaat adalah mendamaikan orang-orang yang berselilisih.” (H.R. Quzaai, Syihabul Ahbar)

Allah Swt memerintah dalam Al-Quran untuk menghormati kedua orang tua. Seaindainya Allah Swt tidak memerintahkan untuk menghormati kedua orang tua, orang yang berakal seharusnya dia tahu akan kewajiban kemanusiaan tiap orang/anak untuk menghormati mereka. Padahal Allah Swt telah memerintahkan untuk menghormati orang tua dalam kitab Taurat, Zabur, Injil dan Al-Quran. Dan Allah Swt pun telah memerintahkan kepada para Nabi untuk memperhatikan hak-hak kepada kedua orang tua, dan Allah Swt memberitahukan bahwa ridha-Nya Allah ada pada ridhanya orang tua, dan murka-Nya Allah ada pada murkanya orang tua.

Dalam ayat-ayat Al-Quran ada 3 perkara yang disebutkan secara bersamaan, yang mana apabila salah satunya tidak ada, maka yang lainnya pun Allah Swt tidak akan menerimanya.

Allah Swt berfirman dalam surah An-Nisa ayat 77, “Dirikanlah shalat oleh kalian (dengan memperhatikan adab dan rukun-rukunnya) dan berikanlah zakat kalian.” Apabila seseorang mendirikan shalat, akan tetapi dia tidak memberikan zakatnya, maka shalatnya tidak akan mendapatkan pahala.

Allah Swt berfirman dalam surah An-Nisa ayat 59, “Taatlah kalian kepada Allah dan Rasul-Nya”. Seseorang yang ta’at kepada Allah, akan tetapi tidak ta’at kepada Rasul-Nya, maka ta’atnya kepada Allah itu tidak diterima.

Allah Swt berfirman dalam surah Lukman ayat 14, “Bersyukurlah kalian kepada saya dan kepada kedua orang kalian”. Orang yang bersyukur kepada Allah, akan tetapi dia tidak bersyukur kepada kedua orang tuanya, maka Allah tidak akan menerima syukurnya kepada Allah.

Orang yang ridha kepada kedua orang tuanya, maka dia telah ridha kepada Allah Swt. Dan orang yang membenci kedua orang tuanya, maka dia telah membenci Allah Swt. Apabila seseorang memiliki kedua orang tuanya atau salah satunya yang sudah tua, kemudian orang tersebut melakukan kebaikan kepada keduanya, akan tetapi dia tidak ridha kepada keduanya, maka dia masuk kedalam Neraka jahannam. Dan Allah Swt menjauhkannya dari rahmat-Nya.

Salah seorang dari Tabi’in berkata, “Seseorang yang berdo’a untuk kedua orang tuanya sebanyak lima kali dalam sehari, maka dia sudah memberikan hak-hak kedua orang tuanya. Karena Allah Swt berfirman dalam surah Luqman ayat 14, “Taatlah kalian kepada-Ku dan kepada kedua orang tua kalian. Tempat kembali hanya kepada-Ku.” Bersyukur kepada Allah Swt adalah dengan melaksanakan shalat lima waktu dalam sehari. Sama seperti hal ini juga bersyukur kepada kedua orang tua bisa dengan mendo’akan mereka lima kali dalam sehari”. (Tanbihul Ghafiliin)

Leave a Reply

Your email address will not be published.