KEPADA SIAPA ZAKAT DAN SEDEKAH DIBERIKAN

Allah Swt Berfirman, “Apa yang ada di sisimu akan lenyap, dan apa yang ada di sisi Allah Swt adalah kekal…” (QS. An-Nahl ayat 96)

Ketika seseorang ingin bersedekah,  disarankan dia memberikan dan memilih orang yang menggunakan sedekah dan zakat tersebut untuk kebaikan, dan mengawasi penggunaannya.

Memilih orang fakir yang bertakwa,  yang memalingkan wajahnya dari dunia dan hanya bekerja untuk akhirat.

Karena Rasulullah Saw bersabda, “Makanlah makanan orang-orang yang bertakwa (takut kepada Allah Swt), dan makananmu pun hendaklah hanya orang-orang yang bertakwa yang memakannya.”

Bantuan yang diberikan kepada mereka dapat menambah ketakwaan mereka kepada Allah. Oleh karena itu, orang yang menolong pun akan mendapatkan pahala. Dalam sebuah hadis, Rasulullah Saw bersabda,

“Berikanlah makanan kalian kepada orang-orang yang bertakwa, dan berikanlah sedekah kalian kepada orang-orang mukmin.”

“Berikanlah makanan kepada orang yang kamu cintai karena Allah!”

Lebih khususnya seseorang sebaiknya memilih orang fakir yang berilmu. Karena memberi sedekah kepada mereka sama dengan membantu mereka di dalam (menuntut) ilmu. Dan Ibadah yang paling besar adalah menuntut ilmu dengan niat mendapatkan keridhaan Allah Swt.

Abdullah Ibnu Mubarak Ra selalu memberikan sedekahnya yang dikhususkan kepada orang Alim yang fakir. Ketika ditanyakan kenapa dia berbuat seperti ini, dia menjawab,

“Aku tidak melihat sebuah derajat yang lebih tinggi daripada menuntut ilmu setelah Risalah Kenabian.”

Ketika seorang Auliya Allah memiliki suatu kebutuhan (seperti makan, minum dll), mereka tidak bisa secara maksimal menuntut ilmu dan mengajarkannya. Akan tetapi yang lebih utama adalah dia memenuhi kebutuhan hidupnya tersebut, kemudian melanjutkan belajar dan mengajar ilmu.

Abdul Jalil (477)

Diamku الله Gerakku مُحَمَّد. Wong Lamongan, S1 di Psikologi UGM. I'm free man & traveler all id: abilngaji

About Abdul Jalil

Diamku الله Gerakku مُحَمَّد. Wong Lamongan, S1 di Psikologi UGM. I'm free man & traveler all id: abilngaji
This entry was posted in Ngaji. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published.